Jumat, 27 September 2013

on 1 comment

Pencarian Di Google tidak pernah tertukar dengan pengguna lain


          Google adalah salah satu mesin pencari yang sangat digemari oleh banyak pengguna internet di dunia. Bisa kita bayangkan berapa banyak orang yang mengakses Google.com di dunia dalam setiap detiknya. Dengan tampilan sederhana yang sangat ringan membuat google semakin
diminati. Dengan bantuan google kita bisa mencari informasi - informasi yang kita butuhkan dengan cepat dan akurat.
         Selain sebagai mesin pencari google juga memiliki beberapa fitur yang dapat dinikmati para pengguna internet secara gratis antara lain pembuatan email, Blog, jejaring sosial google + dan banyak lagi yang lainnya. Dari beberapa fitur tersebut yang sempat membuat saya bertanya-tanya adalah " Mengapa setiap user yang melakukan pencarian di google, hasil pencariannya tidak pernah tertukar dengan pengguna lain mengingat berapa banyaknya user yang mengakses google pada saat bersamaan ? "
        Setelah cukup lama berfikir dan mencari informasi mengenai cara sebuah mesin pencari maka saya akhirnya mendapatkan sebuah jawaban. Meski tidak ada jawaban yang pasti mengenai masalah tersebut namun dengan melihat cara kerja sebuah mesin pencari maka saya menyimpulkan bahwa inti pemecahan masalah tersebut terdapat pada Web Browser, IP Address dan Mac Address.
       Setiap komputer memiliki MAC address yang apabila kita terkoneksi ke jaringan internet maka oleh Provider atau Pemancar jaringan yang lain akan diberi sebuah alamat IP yang biasa disebut IP address. Nah ketika kita melakukan pencarian di google maka Webbrowser akan mengirimkan Keyword yang kita ketikkan ke server (Google).Kemudian google akan membaca dari mana kata kunci tersebut dikirimkan dan kemudian google akan mengirimkan kembali jawaban ke alamat komputer dimana sebuah Web Browser telah mengirimkan kata kunci ke google. Kemudian Web Browser akan menampilkannya kepad kita.
       Sebenarnya google disini tidak secara langsung mendapatkan IP Address dari setiap komputer melainkan hanya mendapatkan IP Provider. Tugas provider disini yang akan menyimpan IP kita sehingga ketika mendapatkan jawaban dari google maka provider akan langsung mengirimkannya ke  IP komputer kita dan komputer akan menampilkannya di browser kita.
       Oke kawan sekian dulu artikel mengenai Pencarian Di Google tidak pernah tertukar dengan pengguna lain, Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar ya,,,

1 komentar:

  1. Lalu bagaimana google mengetahui kita menggunakan browser Opera, Chrome, atau Firefox? Kenapa data yang kita kirim tidak tertukar ke browser lain?

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan saran atau pertanyaan anda ya...!!!