Kamis, 02 Mei 2013

on Leave a Comment

Metode autentikasi pada WiFi

 

Autentikasi, adalah proses dalam rangka validasi user pada saat memasuki sistem. Nama dan password dari user dicek melalui proses yang mengecek langsung ke daftar mereka yang diberikan hak untuk memasuki sistem tersebut. Sifat mengetahui bahwa data yang diterima adalah sama dengan data yang dikirim dan bahwa pengirim yang mengklaim adalah benar-benar pengirim sebenarnya.

Pada dasarnya ada tiga (3) jenis Authentikasi yang sering digunakan di sebuah HotSpot, yaitu:
1. Program - program yang freeware dan dapat kita cari dengan mudah di Internet. Namun umumnya program - program ini berjalan di Linux.
2. Menggunakan Software tambahan di PC biasa. Salah satu yang terbaik adalah Mikrotik yang harganya sekitar Rp. 1-7 juta.
3. Menggunakan hardware tersendiri dengan software yang sudah embedded di dalamnya. Salah satu perangkat keras jenis ini adalah IP3 yang harganya US$ 1600.

Autentikasi Wireless HotSpot pada dasarnya berfungsi untuk mempersilakan atau memblokir pelanggan yang masuk melalui jaringan HotSpot.
Semua user yang ingin masuk harus sudah mempunyai username yang dan alamat yang sudah terdaftar di penyedia jaringan tersebut. Biasanya hal ini banyak dipakai di perusahaan - perusahaan yang jaringan komputernya bersifat rahasia ataupun terkadang juga dipakai oleh kalangan pribadi yang memang dikhususkan hanya untuk pemakaian pribadi. Oke kawan semoga sedikit sharing kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua...

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan saran atau pertanyaan anda ya...!!!