Kamis, 09 Februari 2012

on Leave a Comment

Renungan : Percayakah Anda Pada Takdir

             Percayakah anda pada takdir?. Jika anda percaya pada takdir maka anda tidak sepaham dengan saya ” peace “. Saya akan sedikit berbagi tentang pemikiran saya terhadap takdir. Saya adalah orang muslim dan saya percaya pada kuasa Allah SWT. Namun saya kurang begitu percaya bahwa manusia dciptakan oleh Allah dan dilahirkan ke dunia  dengan membawa nasib yang telah Allah tentukan. Jika memang benar seperti apakah orang yang berjalan dijalan yang salah itu adalah sebuah takdir. Lalu, pertanyaannya jika memang itu adalah sebuah takdir mengapa mereke didosa?.
          Banyak orang yang sangat meyakini bahwa rejeki,jodoh, dan maut itu ada ditangan tuhan. Berbeda dengan pemikiran saya, menurut saya semua itu kembali bagaimana manusia itu sendiri untuk mendapatkan yang terbaik. Mungkin saya memang bukan seseorang yang berilmu atau mengerti banyak tentang agama. Tapi ada beberapa alasan mengapa saya tidak sepaham dengan kebanyakan orang bahwa takdir itu memang benar-benar ada, berikut ini adalah sebagian kecil contoh dari hasil penelitian dan pemikiran saya selama ini :
1.    Rejeki  berada di tangan Tuhan ( Allah SWT )
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11
Menurut saya disini Allah telah menjelaskan bahwa sebenarnya nasib seseorang itu bukan ditangan tuhan tapi ditangan manusia itu sendiri. Karena nasib kita berdasarkan usaha kita dan saya yakin tuhan tidak akan diam. Allah akan selalu melihat orang yang selalu berusaha dan berdoa pada-Nya.
2.    Jodoh berada di tangan tuhan
       Khusus yang satu ini memang ada, namun disini saya tidak meyakinkan bahwa kita akan bertemu dengan jodoh kita di dunia.Meskipun kita telah ditetapkan jodohnya kita belum tentu bertemu dengan jodoh kita didunia. Kita baru akan bertemu jodoh kita kelak di akhirat. Didunia ini kita tidak tahu apakah itu memang benar-benar jodoh kita atau bukan contoh kasus dalam hal ini misalnya:
a)    Jika ada orang yang meniikah sampai beberapa kali apakah berarti dia memiliki jodoh yang banyak?
b)    Jika ada orang yang meninggal sebelum menikah apakah berarti dia tdak punya jodoh?
c)    Adakah tanda-tanda atau spesifikasi khusus yang menunjukkan baha kita telah bertemu dengan jodoh kita?
3.    Maut ada di tangan tuhan
       Yang ini saya tidak perlu menjelaskan, saya hanya akan bertanya. Jika memang Maut dan cara kita meninggal telah ditentukan oleh tuhan, lalu mengapa orang yang membunuh itu di dosa?. Bukankah tuhan telah menentukan bagaimana si korban itu mati?. Jika memang tuhan telah menuliskan bahwa misalnya si-A akan mati karena dibunuh si-B harusnya si-B tidak di dosa karena secara tidak langsung si-B hanya menjalankan perintah karena itu adalah kehendak tuhan.
          Itulah beberapa contoh dari pemahaman saya bahwa takdir itu tidak ada dan kita hidup di dunia ini hanya untuk berusaha dan berdoa kepada tuhan kita. Jika ada yang berpendapat  saya telah berdosa karena menulis ini, biarlah itu menjadi pertanggung jawaban saya terhadap Allah SWT di akhirat kelak. Jika ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan atau tidak sesuai dengan para pembaca saya mohon maaf dan anggaplah anda tidak pernah membaca tulisan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan saran atau pertanyaan anda ya...!!!